Kamis, 01 Maret 2018

Journal Fasilitator 4 : Hati- hati di jalan lurus

"Hiks, gagal dapet badge OP" "Hiks, gagal dapet badge YE" 

Ujar beberapa peserta sesaat setelah pengumuman badge di berikan. Memang, badge adalah bonus dari konsistensi dan komitmen kita, dan pasti rasanya gemeees ketika kita missed 1/2 hari yang membuat kita gagal mencapai badge yang kita harapkan. Sebagian besar gagal mendapat badge yang diharapkan karena terlena oleh "ah, ntar aja deh, masih lama ini,...", ternyataa mendekati hari H makin banyak aktivitas yang harus dilakukan. 

Designed by Freepik

Jika boleh diibaratkan dengan perjalanan mudik Karawang- Gresik setiap tahun, level 4 ini adalah level memasuki kota Semarang, mendekati separuh perjalanan. Nah biasanya apa yang terjadi di mendekati separuh perjalanan? mulai terasa kaki pegelnya, mulai hafal musik yang diputar berulang kali, mulai melihat pemandangan yang semua seolah terasa sama. Nah, ini yang sedang dirasakan oleh beberapa teman dalam kelas. 

Tapi, bukankah selalu ada cara membuat perjalanan menjadi menyenangkan? Membuat guyonan menarik, tebak-tebakan lucu, bahkan mengomentari setiap benda yang kita lewati membuat perjalanan menjadi tak tersasa. Aheeey, dan ini yang kami lakukan di kelas. Mulai dari ngobrol santai, remeh temeh, tak lupa saya juga sisipkan aliran rasa karena sudah menuntaskan bunsay level 1, tujuannya tentu mengingatkan kembali tujuan yang ingin kita capai dari awal. Biasanya setelah melihat kembali peta-nya, setelah mengetahui berapa lama lagi kita akan tiba di tujuan, tak sadar semangat kita kembali membara. Satu lagi, semangat itu menular!!! jadi pastikan kita terus punya semangat untuk membersamai teman-teman di kelas bunda sayang. 

Ternyata hal ini lumayan ampuh membuat teman-teman bersemangat kembali, ampuh membuat teman-teman bertekad kembalil walau langkah sempat terseok. 



Yes, it's very loooong journey, just make sure that we on the right track!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar