Apron pertama

Serelah berkali kali coba resep, penasaran juga pengen coba hal lainnya. daaan.. akhirnya pilihan saya jatuh kepada menjahit. kenapa jahit. saya selalu ingat Mama saya membuatkan saya dan kakak saya tas sekolah, lalu sajadah untuk saya, kakak saya, dan adik saya, rok, celana santai, gaun kecil, apron buat kami masak.
Hal-hal kecil itu yang membuat saya sangaat merasa kasih sayang Mama luaar biasa, (sayangnya tas sekolah nya gak ada fotonya, padahal lucu banget...). Bahkan mama saya, penah membuat kaligrafi surat Al Ikhlas, dengan cara menjahit. She is wonderful.

Dari situ lah, saya ingiiiin sekali nanti saya juga bisa bikin hal-hal seperti itu untuk anak-anak saya, dan... dari situlah niat saya untuk membuat hasta karyaaa ini muncul. Apron? karena sederhana dan saya suka masak yaaa, jadi bisa dipakai:)

Bahan yang digunakan adalah :
1. sarung guling yang tidak dipakai
2. alat jahit, gunting, benang, jarum.
3. setelika

untuk karya kali ini saya tidak menggunakan obras dan mesin jahit karena saya memang belum punya mesin jahit dan saya ingin membuat tangan saya lebiiiih lemes lagi dan latihan untuk "attention to detail" (-alasan...--)
Here we go., (tapi maaaap, foto step by step nya malah ke apus... jadi pake foto seadanya ya).

Caranya
1. Potong kain sesuai dengan pola apron, lalu sisanya potong untuk tali (3 buah), kantong 2 buah (jika mau), dan pita kecil untuk aksesoris (jika mau juga).
2. lipat 1 cm di tiap sisinya (pinggir kain), setelika (biar rapi dan mudah menjahitnya), tusuk dengan jarum pentul.
3. Mulai jahit sekelilingnya dengan jahitan tikam jejak, supaya kuat. (jahitan tikam jejak ini seperti jahitan di mesin jahit).
4. Untuk bagian talinya, jahit dengan tusuk feston. Kira-kira jadinya akan seperti ini :)
5. Nah, berikutnya pasang kantong, pita, tali daaan... yihaaa... "my first aproon"
Bangga rasanya bisa menggunakan apron karya sendiri ketika memasak. :)
Tunggu karya-karya saya selanjutnya.

Enjoy!


Komentar

Postingan Populer