bahasa Jawa itu mudah..:)

Sahabatku Damar akan berangkat ke Phuket besok malam. Karena ini penerbangan pertamanya ke luar negeri, ada banyak hal yang dia tanyakan padaku mengenai yang boleh dan yang gak boleh di bawa dalam penerbangan, termasuk tips tips packing yang "tricky" hehehheee....:)

Gara-gara itu juga, aku jadi cerita pengalaman ku ke Damar selama aku di negeri sebrang sana, yang kata orang adalah negeri paman Sam... *hmmmm*.yang akhirnya membuat kami lupa bahwa hari semakin larut... hahahaha...Kamu penasaran dengan ceritaku? ceritanya akan di mulai sebentar lagi.. yak sebentar lagi... yak benar sebentar lagi..

Pada waktu itu, seperti biasa samabil menunggu jadwal berikutnya, aku dan teman-teman sering bercerita berbagi pengalaman dan budaya dari negara masing-masing. Di saat yang sama aku sedang mengobrol dengan Hanna, sahabatku dari Pekalongan, aku lupa apa yang kami sedang bicarakan pada waktu itu, yang pasti aku dan Hanna ngobrol pake bahasa Jawa. Lalu salah seorang teman kami dari Cina menanyakan apa yang sedang kami bicarakan... singkat cerita dia ingin diajari bahasa Jawa...dan aku pun berpikir keras untuk menemukan cara mengajarkan bahasa Jawa padanya.

AHAAAAAAAAAAAA......... kutemukan caranya, beginilah :
" Hey, Mandy I will teach you how to say something in Javanese..." kataku, dan Mandy sahabatku dari Cina manggut-manggut dengan senang hati.
" Let say hmmm, you say small, smaller, and smallest up to the tiny one.."
hmmmm *Mandy manggut-manggut*

"In java we use the words to explain it" kataku.
" if you want to say small, just say cilik " kataku
" hmmm... cilik " katanya...
" yes, then if you want to say smaller, just say cuilik..." kataku lagi sambil senyum senyum..:)
" hmmm... cuilik?" katanya
" yesss, then if you want to say smallest just say cuuilik?" kataku lagi sambil senyum-senyum simpul *simpul pita dan simpul simpul lainnya...* hehehee..
" what? cuuilik?" tanyanya
" yes, and the last one is, if you want to say tiny, just say cuuuuuuuuilik" kataku sambil senyuum lebar
" What?" katanya
" Yesss, that's easy isn't it? just put "u" in the middle of the word then you got it the smaller, smallest, and tiny one. even you want to say something that tiny and tiny tiny tiny thing.... just put "u" in the middle of the word.. it easy riteee? " kataku lagi...

" What? that's so easy and unique" katanya
"hahahaa... that's Javanese." kataku lagi. Padahal waktu itu aku pengen nambahin guthhhiiiikk buat njelasin sesuatu yang cilik nya gak ketulungan...:) tapi entar aja ah... itu untuk tingkatan yang lebih advance.

hahaha, so Indonesia itu unik yaaa....:) semakin menggali, semakin unik, dan semakin aku jatuh cinta padanya...^_^

Komentar

  1. hahahahhaha ituuu gaaakkk bakuuu mooongg,,,cuiiiliikkk!!

    BalasHapus
  2. tak apalah win.. yang jelas itu masih bagian dari bahasa Jawa... heheheheheeee :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer