Buncek 2 : Penting dan Mendesak

Setelah pekan lalu memilih 5 kompetensi yang ingin ditingkatkan agar lebih cekatan, maka di pekan ini kami diminta untuk fokus memilih ketrampilan yang mendukung kompetensi yang ingin ditingkatkan. 

Challenge? Pastinya!! Karena memilih dan memilah aktivitas ternyata gampang-gampang susah. Ada banyak aktivitas yang ingin kita lakukan, mulai dari yang besar hingga yang printilan, atau bahkan yang tak sadar kita lakukan. Alhamdulillah materi dari Mas Pandu dan sesi tanya jawab dengan bu Septi mencerahkan dalam memilah dan memilih aktivitas yang mendukung kompetensi yang ingin dicapai. 

Mas Pandu dengan metakognisi-nya, menjelaskan pentingnya membuat peta belajar sebagai panduan dalam meningkatkan kompetensi. Peta belajar ini nanti akan saling mengaitkan satu sama lain mengenai ilmu apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan kompetensi. Selain itu pentingnya memahami proses belajar mandiri sebagai sebuah metode merdeka belajar, hal ini karena kita lah yang paling paham metode yang terbaik untuk diri kita. 

Bu Septi mengingatkan kembali mengenai "Menarik tapi tidak tertarik", dan ini challenge banget mengingat banyaknya ilmu yang bertebaran di luar sana, sehingga penting memilah ilmu yang ingin kita pelajari. 

So, inilah hasil dari memetakan aktivitas yang menunjang kompetensi. 
Penting dan Mendesak
Setelah menuliskan aktivitas yang berkaitan dengan kompetensi, maka dipilah mana yang merupakan aktivitas mendesak, tidak, mendesak, penting, dan tidak penting. Dari situ, maka kita memilih lima aktivitas untuk dimasukan dalam telur merah. Maka inilah telur merah 



Management waktu masih menjadi challenge yang luar biasa, karena kadang terlalu asyik beraktivitas sehingga kadang ada beberapa agenda yang keteteran. 
Menambah Jam terbang baik menulis dan berbicara menjadi penting dan mendesak, terlebih di tahun 2020 akan ada banyak project yang berkaitan dengan menulis dan berbicara dengan memanfaatkan dunia digital. 
Mengolah data menjadi satu hal yang mendesak dilatih, karena mendukung proses berbagi baik melalui menulis dan berbicara. 
Mempelari self development lebih dalam adalah hal yang mendesak dilakukan, karena beberapa aktivitas mendatang akan lebih banyak berkaitan dengan hal-hal mengenai self development. 

Semangaaat untuk merubah telur menjadi kupu-kupu yang cantiiiiik. 




Komentar

Postingan Populer