BunCek 8 : Masih bersama KeFin

Pekan ini, kami diperbolehkan untuk menghadiri "family gathering" di keluarga lain, menyantap hidangan yang masih dalam menu mind map kami. Sebagai individu yang memiliki bakat learner dan input  yang cukup tinggi, rasanya ini salah satu godaan yang luar biasa, apalagi setelah melihat go -live dari beberapa keluarga yang woow, menarik semua. Namun balik lagi, tahaaan, rasanya masih butuh melahap keluarga finansial lebih lama, mengunyahnya perlahan dan memastikan terlahap dengan baik. 

Benar saja, makin hari yang dibahas makin spesifik dan aplikatif. Salah satu hal yang menarik adalah, bulan lalu saya sudah memulai melakukan pencatatan menggunakan gform, detail memang, tapi PR untuk konsisten luar biasa. Dari hasil diskusi di grup saya jadi mendapatkan hal baru, untuk memudahkan pencatatan, yakni langsung di kategorikan, misal : investasi, pengeluaran rumah tangga, makan, dll. ndak perlu di tulis makan apa, jajan apa, beli apa, dll, cukup memudahkan dan setelah ini gform akan mulai di revisi. 

Selain itu, berulang kali diingatkan pula di grup untuk memulai menabung, investasi, dan juga ZIS jangan lupa. Hal ini setara dengan apa yang saya baca di IG @Santara (salah satu platform ECF), mengenai perlunya membagi rekening menjadi 3 bagian : kebutuhan, tabungan, dan investasi. Hmmm rasanya ini lebih memudahkan, sehingga jangan sampai kita menggunakan akun yang salah dalam melakukan transaksi. Selain itu bagi individu yang lemah di detail (macam saya), pencatatan global ini sangat membantu. Bismillah mari kita lakukan pelan-pelan, mengingat di tahun 2020 ini ada banyak agenda besar yang berkaitan dengan finansial. 

Again, belajar finansial ini memang perlahan, nyut-nyutan, tapi bagi saya kali ini, kondisi penting-mendesak membuatnya saya harus bisa "cekatan finansial" versi saya. 

Mari, lanjut ngariung bareng KeFin..

Komentar

Postingan Populer