BunCek 10 : Sebuah Refleksi

Pekan ini pekan mendekati ujung di kelas ulat-ulat. Kelas dimana kita mulai melahap berbagai ilmu yang dimiliki untuk menjadi makin cekatan. Rasanya bersyukur bisa sampai disini di tengah godaan ilmu yang luar biasa. Ada beberapa hal yang saya pelajari dari proses melahap berbagai sumber ilmu ini 
1. Ketika kita sudah memiliki peta, maka akan lebih mudah bagi kita menentukan sumber ilmu apa yang ingin kita pelajari, apalagi bagi saya yang ternyata doyan banget belajar, doyan banget mengumpulkan sumber ilmu, dan tiba-tiba bisa muncul banyak banget ide di kepala, peta ini membantu sekali untuk memilah mana yang perlu dipelajari saat ini mana yang belum. 
2. Ternyata saya berada di lingkungan yang luar biasa, banyak sumber ilmu bertebaran, ada di lingkungan yang doyan banget berbagi, temen-temen sangat totalitas membagikan ilmu yang mereka miliki. 
3. Proses belajar mandiri ini, benar-benar membuat kita berusaha untuk melakukan yang terbaik. 

Dalam perjalanannya, saya pertama memilih kelas finansial, karena memang ini sesuai dengan mind map saya di awal kelas. Kelas lain sangat menggoda, tapi saya sudah bertekad untuk fokus satu demi satu, pun selain itu ada berbagai agenda di luar juga yang akhirnya membuat saya fokus pada satu grup WA. Selama di kelas finansial rasanya cuma bisa bilang wuiiiih, Masya Allah, wuiiih, bagaiamana tidak semua sumber ilmu lubeeer banget, ini makanannya banyak banget, dan lezaat semua. Namun betul apa yang diingatkan bu Septi, berhenti-lah sebelum kenyang. Hari ini baru saja saya left dari grup tersebut, karena saya merasa "sudah cukup segini dulu", kalau saya disitu dan berusaha melahap, waaah bisa-bisa saya jadi kekenyangan, hmmm terlebih lagi saya paham bahwa saya ini doyan banget belajar dan mengumpulkan sumber ilmu, bisa-bisa saya fokus ngumpulin, tapi lupa pada hal-hal mendasar. 

Ilmu finansial yang saya butuhkan memang baru ilmu yang mendasar, dan alhamdulillah saya sudah dapatkan dan sudah mulai di praktekan pelan-pelan. 

Selain kelas finansial, saya masuk di kelas talent mapping,kelas yang masih ada hubungannya dengan mind map sya lainnya, pengembangan diri. Kalau kelas ini, sampai saat ini saya masih bertahan, karena memang saya masih butuhkan ilmunya. 

Dalam bunda cekatan ini selain kelas keluarga, ada juga beberapa go-live yang tayang hingga hari ini. Dan jujur saja, saya hanya menyimak beberapa, hanya finansial, talent mapping, public speaking, vlog, dan travelling. Untuk tema finansial, talent mapping, public speaking, dan vlog memang masih selaras dengan mind map yang saya miliki, tapi untuk kelas travelling saya tertarik cara presentasinya/ teknik presentasi yang disajikan, bakat learner dan input saya terpanggil melihatnya. hahahahaha :) 

Selain go -live di atas saya tidak menonton, karena saya sedang belajar untuk melatih fokus, tahaaan taahaaan, toh nanti bisa nontoh lagi kapan-kapan. Ambil seperlunya saja. 

Setelah ngariung di keluarga, tibalah berkirim hadiah, alhamdulillah saya mendapat hadiah dari sahabat saya, yakni mengenai self healing dan finansial for business. yeaaay, happy karena hadiahnya selaras dengan mind map yang saya miliki. 

Oh ya, tanpa disadari proses memilah ini pun selaras dengan sehari-hari, saya mulai memilah mana aktivitas yang perlu saya lakukan mana yang belum perlu. Salah satunya adalah menjadi fasilitator di IIP, saya merasa perlu rehat sejenak, dan masyaAllah terjawab sudah bahwa ini sebagai salah satu proses unlearn, MasyaAllah :) 


Komentar

Postingan Populer