BunCek 4 : Mind Map

Masuk di minggu ini, mendadak dibuat berbinar-binar. Kalimat "murid siap guru datang" langsung terlintas di kepala. Semester ini, di kampus saya sedang bersemangat memberi challenge pada peserta didik mengenai mindmap karena saya merasa banyak sekali manfaat yang dirasakan setelah menggunakan mindmap

Mengapa mindmap? ternyata setelah berulang kali menggunakan mindmap, ada manfaat yang dirasakan diantaranya adalah : alur berfikir menjadi lebih runut, lebih mudah memetakan hal-hal yang ingin dipahami dalam selembar kertas. Praktis bukan? bukaaaan... 

Nah, hadirnya materi di pekan ke-4 ini semakin membuat saya lebih percaya diri bahwa apa yang saya lakukan di kelas, apa yang saya lakukan di buku agenda sudah di jalan yang tepat. haseeek, alhamdulillah. 

Membuat mindmap diawali dengan menentukan topik besar apa yang ingin disusun, kemudian dari topik besar tersebut kita tentukan subtopik yang menjadi bagian dari topik besar tersebut. Sub topik ini nanti akan berisi hal-hal yang lebih rinci lagi. Seru ya? pastinyaaaa. Garis-garis pada mindmap akan membantu memastikan apakah sub topik yang kita tuliskan masih berkaitan erat dengan topik utama yang kita tentukan. Naah, langsung aja nih inilah mind map yang disusun berdasarkan telur-telur yang ada di pekan sebelumnya. Peta ini akan membantu telur-telur menemukan jalan menjadi ulat, dan akhirnya, kemompong, dan bermetamorfosa menjadi kupu-kupu yang cantik. 

Mind map Ummi 

Nah, keliatan kan dari mindmap di atas ada 3 sub topik yang diambil yang menjadi bagian dari topik besar "Soulmate" - Masing-masing sub topik memiliki tujuan masing-masing dan topik yang harus dipelajari. Tujuan tersebut mendukung Tema besar yang diambil, yakni menjadi teman bertumbuh suami yang sedang memasuki NEW CHAPTER. 

Yuk, sharing juga mindmap versi kamu di sini. 

Komentar

Postingan Populer