Al-Azhar, Jakarta Selatan


1. Masjid Al-Azhar, Kebayoran baru, Jakarta Selatan.
Ada yang berbeda saat pertama kali aku masuk ke dalam gerbang Masjid ini. Halaman yang luas, tempat yang nyaman untuk beribadah. Aku datang saat menjelang Isya', dan jamaah yang hadir sudah membanjiri halaman masjid ini. Subhanallah!!! Malam itu malam pertama taraweh Ramadhan. Aku tersentak, kaget karena banyak sekali jamaah yang ingin menghabiskan malam pertamanya di Masjid ini.

Tempat wudhu memang belum jadi, tapi bersih. Tempat penitipan barang yang membuat semakin nyaman beribadah..:) Pada saat naik ke atas, lagi-lagi aku di buat kaget sebagai pendatang di kota Jakarta ini. Jamaah sudah memenuhi ruang atas tempat sholat jamaah akan di laksanakan. Jamaah yang tak kenal usia, tak kenal jenis kelamin, tua muda, laki-laki, perempuan, karyawan, pelajar, pekerja, anak kosan, semua ada jadi satu. Sholat berjamaah memang mengjarkan tentang keadilan dan kesetaraan :)

Aku suka tempat ini, ada satpam yang mengatur setiap jamaah yang masuk agar shaf shalat bisa rapi, ada panitia yang memberi tahu kepada Jamaah pukul berapa sholat akan dimulai, berapa rakaat, siapa imam, dan siapa khatibnya.

Aku suka ada layar besar yang sangat membantu pendatang sepertiku, karena selain panitia menyampaikan melalui mimbar, jadwal Ramadhan pun di tampilkan di layar (yang tentu saja off pada saat sholat dimulai). Ada buku panduan do'a yang bisa di bawa pulang... hmm.. awal Ramadhan yang memberikan semangat baru untukku secara pribadi.
Ada Al'Qur'an dan tafsir di tiang-tiang masjid, yang tentu saja bisa dibaca sambil menunggu waktu sholat... (dari pada update status di twitter, facebook waktu nunggu sholat, mendingan update ilmu ke Admin of life)

Selain malam itu, aku pernah hadir saat menjelang buka puasa. Banyak sekali yang menyempatkan diri untuk hadir menikmati buka puasa di Masjid Al-Azhar. Dalam satu hari mereka bisa menyiapkan hingga 600 ta'jil. Subhanallah!!!
Sebelum buka puasa, ada kultum singkat yang tanpa terasa waktu buka puasa tiba...
Kenyang ilmu, kenyang ta'jil..

Aku suka masjid ini, biasanya aku tak begitu betah untuk berlama-lama di Masjid, tapi di sini, itu tak pernah kurasakan. aku merasa cinta dengan rumahNya, Imam yang membaca dengan suara merdu pun, membuat aku menikmati sholat ku..

Dear Alloh, terimalah sholatku, berdiriku, ruku'ku, sujudku, khusu'ku, dan sempurnakan apa yang belum sempurna dariku. Karena sesungguhnya, Engkau lah yang Maha Sempurna.

::Ummi::

Komentar

Postingan Populer