Belajar ketekunan Jiro dalam Jiro Dream of Sushi

Menjadi sang ahli bukanlah perkara mudah. Butuh ketekunan yang ekstra dan kerja keras yang tidak sebentar. 

Ada salah satu film dokumenter yang menurut saya menarik sekali. Worth to watch deeeh
Judul film ini adalah "Jiro Dream of Sushi" yang mengisahkan koki Sushi yang telah berusia lanjut, namun masih terus membuat sushi untuk para pelanggan setianya di sebuah kios kecil di Jepang. 

Cuplikan film " jiro dream of sushi"

Oh ya, sushi adalah makanan tradisional Jepang yang biasanya nih, dibuat dari nasi yang dibentuk sekepalan tangan (sehingga mudah di makan) lalu di atasnya di beri potongan ikan, udang, atau yang lainnya. Nah kalau sushi yang familiar di indonesia, biasanya adalah sushi yang digulung. Yakni selembar nori, yang di atasnya diberikan nasi, kemudian di tambahkan sayuran dan protein (bisa ikan, daging, telur, sesuai selera), kemudian di gulung dengan menggunakan alat bantu sushi mat. 

Sushi mat, yang biasa digunakan untuk menggulung sushi
Nah, balik lagi ke film " Jiro dream of sushi", dalam film tersebut banyak sekali pelajaran positif yang bisa diambil, diantaranya : 
1. Setiap orang selalu memimpikan untuk mencapai puncak, namun permasalahannya kita tak pernah tahu di mana puncak itu berada. oleh karena itu bekerja keras lah terus menerus. 
2. Untuk menjadi ahli, lakukan hal yang sama setiap hari dengan metode yang sama, dengan begitu kita akan tahu kekurangan kita, dan bisa diperbaiki, sehingga maki hari kita makin ahli dalam hal tersebut. 
3. Mau belajar, mau berlatih dan tidak menyerah. seperti yang dikisahkan oleh salah satu pegawai Jiro, bahwa ia pernah gagal dalam membuat telur dadar sebanyak 200 kali. Namun karena semangatnya yang kuat dan tidak menyerah, akhirnya ia berhasil membuat telur dadar yang sempurna. 
4. Fokus, percayakan pada ahlinya.  Selama membuka restoran sushi ini, Jiro memiliki supplier bahan pokok yang sama dari awal hingga akhir. Jiro percayakan pada supplier tersebut untuk menyediakan bahan baku sushi-nya. hal ini supaya kualitas sushi jiro tidak pernah turun. 

Film ini dijamin seru, walaupun ini film dokumenter, namun dikemas secara apik dan menarik. 

selamat menonton. 

Komentar

Postingan Populer