Journal Fasilitator 3 : False Celebration


" Mba, saya ngerjainnya full loh 15 hari, berurutan, tapi kok dapet badge dasar ya?"" Mbak, saya post hari pertama, kok gak muncul ya?" 

Wah wah wah  grup korlan mendadak heboh sesaat setelah badge diumumkan di kelas. Baru pertama kali kami mendapat beberapa chat clear and clarify mengenai badge, ada beberapa yang merasa sudah mengumpulkan komplit dan berurutan, namun mendapat badge dasar, padahal menurut ybs adalah YE atau OP. 

Tarik nafaaaaaas....... , mendadak semua korlan jadi heboh, heboh karena penasaran, bagaimana bisa mendadak tanggal berubah. Kasus yang muncul, beberapa post di tanggal 4 namun di response sheet tercatat tanggal 5, kami pun melihat berdasarkan response sheet tersebut, rameeee...Korlan yang bertugas berulang kali meminta maaf kepada peserta, dan meminta mereka menanti sebentar untuk proses penelurusan badge. Alhamdulillah peserta di kelas sangat terbuka, tidak ada saling menyalahkan dan sabar menanti penjelasan dari tim belakang layar. 

Singkat cerita, semua korlan akhirnya turun tangan membantu korlan yang bertugas di level itu, semua berusaha menelusuri hingga akar, melihat satu persatu dari form response (non excel), untuk melihat tanggal setor dari ybs. 

Problem solved, beberapa badge di-revisi, semua happy. Kelas menerima, korlan jadi semakin kompak.... terharuuuu. 

False celebration, itu kesimpulan yang saya bawa di grup korlan sebagai penutup level 3.  it's oke to make mistake, as long as we learn from our mistake. dalam hidup kita, tak lepas dari melakukan kesalahan, dan itu hal yang wajar. Ada 2 pilihan ketika ada sesuatu yang salah, kabur dan dadah babay, atau hadapi saja, dan yuk kita cari solusinya. Kami memilih untuk menghadapi saja, selesaikan, karena memang itu yang terbaik. 

Melakukan kesalahan bukan hal yang memalukan, justru dari kesalahan kita belajar banyak hal, contohnya di kasus level ini. Kami belajar bahwa ternyata ada loh teknik menelusuri setoran gform melalui postingan individu, ternyata teman-teman kita peduli, ternyata kelas makin kompak, para silent reader bermunculan karena penasaran, korlan semakin kompak, bahu membahu saling membantu. kami pun belajar bahwa baik peserta maupun korlan harus lebih peduli dengan setoran yang masuk, teliti memperhatikan tanggal pada form response yang dibagikan. 

Melakukan kesalahan menjadikan kita lebih dewasa, paaaas banget dengan tema level 3, melejitkan kecerdasan emosi dan spiritual, dan ternyata langsung nyata ujiannya. Menerima kesalahan, memperbaikinya, merupakan salah satu cara melatih kecerdasan emosi dan spiritual. 

So, seperti mantra yang selalu di sampaikan di perkuliahan, it's oke to make mistake, as long as we learn from our mistake. 


Komentar

Postingan Populer