Review Bunsay 8 : Mendidik Anak Usia 7-14 tahun

Memasuki usia 7 tahun, anak sudah mulai berfikir lebih kritis. ada banyak pertanyaan yang mungkin muncul, ada banyak hal yang ingin ia ketahui, ingin mencoba banyak hal, penasaran dengan sesuatu. Ah... banyak sekali. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang mampu menjembatani rasa ingin tahu anak-anak kita nanti.

Rasa penasaran ini-pun, salah satunya berkaitan dengan fitrah seksualitas. Anak mulai menyadari laki-laki dan perempuan itu berbeda. Nah, kalau sudah begitu maka peran orangtua menjadi sangaaat penting. Orangtua harus menjadi benteng utama saat anak mulai bertanya. 

Jangan panik, ketika mereka mulai bertanya. Gali dulu sejauh mana pemahaman mereka, baru kita jelaskan perlahan. 

infografis : perubahan kepribadian.

Jika kita lihat infografis di atas, maka sebagai orang tua, kita harus benar-benar menguatkan kepribadian anak, agar ketika ia sudah mulai berinteraksi dengan lingkungan, ia mampu memilah mana yang sesuai dengan fitrahnya, mana yang tidak. 

Sehingga, ketika anak sudah mulai memasuki fase pubertas, mulai ajarkan mengenai pubertas. ingat, tak perlu tabu membicarakan ini dalam keluarga!. Mengenalkan pubertas artinya mengenalkan mengenai tanda-tanda pubertas, jika anak laki-laki dengan mimpi basah, dan anak perempuan dengan menstruasi, dan ditandai pula dengan ciri-ciri fisik yang menonjol. saat menjelaskan ini, sebaiknya ayah menjelaskan kepada anak laki-laki, dan ibu menjelaskan kepada anak perempuan, supaya anak bisa mulai terbuka. 


infografis : penjelasan pubertas
 Selain itu, ajarkan pula bagaimana adab-adab yang berkaitan dengan seksualitas, seperti meminta izin saat masuk kamar,memisahkan tempat tidurnya, cara berpakaiannya, dan sebagainya. info lengkapnya bisa disimak dari infografis di bawah ini. 


infografis : pendidikan seks pada anak 


Semoga penjelasan kali ini, mampu menambah wawasan kita mengenai pendidikan seks pada keluarga. 

Komentar

Postingan Populer