Review 6 : Peran Orangtua dalam membangkitkan FItrah Seksualitas

Seperti kita tahu bahwa peran orangtua sangat penting sekali dalam membangkitkan fitrah seksualitas pada anak. menjadi pendamping utama, menjadi teman belajar, menjadi tempat berkeluh kesah. Ya, kita harus memastikan bahwa kita, orangtua, adalah orang pertama yang menjadi teman diskusi anak dalam berbicara seksualitas. 

Orang tua memastikan, fitrah seksualitas bertumbuh sesuai usianya, agar kelak anak laki-laki bisa berperan sebagai laki-laki sejati, anak perempuan bisa berperan sebagi anak perempuan sejati. 

Perlunya peran ayah dan ibu bersinergi kuat. apalagi dengan tantangan yang sangat luar biasa di zaman sekarang. 

infografis : tantangan gender masa kini

Nah, dari mana dimulainya? Pendidikan seks dimulai sejak Ibu menyusui, dari menyusui, anak bisa merasakan kasih sayang yang tulus dari Ibu, lalu ia mulai mengenal suara ibunya, dan mulai bisa merasakan bahwa Ibu, adalah sosok yang penyayang, wanita. kemudian dilanjutkan dengan fase selanjutnya yakni, anak laki-laki dekat dengan ayah, anak perempuan dekat dengan ibu, setelah usia 7 tahun , bertukar. ayah dekat dengan anak perempaun, pun sebaliknya. hal ini membantu anak dalam membentuk konsep gendernya. 

Peran ayah dan bunda juga penting, terutama saat mendampingi anak menggunakan media, mengajarkan organ tubuh dengan menggunakan bahasa sebenarnya. waaah, bahasa sebenarnya? iya, betul. supaya anak tidak bingung dengan istilah yang dia dengar. tak perlu tabu menyampaikan mana vagina, penis, payudara, dan yang terpenting ucapkan dengan nada yang biasa saja, sama seperti kita mengucapkan jantung, paru-paru, mata, telinga, hidung, kulit, dan organ tubuh lainnya. 

aaah menarik sekali ya...

Komentar

Postingan Populer